Belajar SAP

September 9, 2009

Currency

Filed under: FI I Part 1 — coretaja @ 12:19 am

Dikarenakan costumer dan Vendor tersebar di berbagai negara yang berbeda-beda dengan penggunaan mata uang yang berbeda pula, maka SAP telah menyediakan tools untuk mengatasi perbedaan kurs mata uang ini. hampir semua mata uang telah didefinisikan pada sistem SAP dengan menggunakan key mata uang international yang standard dan setiap key mata uang tersebut memilki tgl valid nya.

Perbedaan nilai tukar mata uang dalam sistem SAP didefinisikan sebagai exchange rate type. exchange rate type ini berfungsi antara lain untuk konversi, valuasi, translasi serta planning. hubungan antara dua mata uang, harus di maintain berdasarkan tingkat nilai tukar serta kedua nilai mata uang tersebut menggunakan translation ratio. dikarenakan nilai inflasi dapat sangat mempengaruhi nilai tukar, maka translation ratio dapat diubah / dimaintain berdasarkan periode waktu tertentu. pekerjaan maintain nilai tukar mata uang ini merupakan pekerjaan yang terus menerus, sehingga untuk memudahkan pelaksanaannya, maka SAP sistem menyediakan beberapa tools untuk melakukan maintainance tersebut. tools tersebut adalah :

  • Inversion
  • Base Currency
  • Exchange Rate Spread

untuk masing-masing exchange rate type, hanya bisa digunakan satu metode / tools. sedangkan untuk exchange rate type yang lain dapat digunakan tools yang berbeda.

exchange rate merupakan selisih antara selling rate (B) dikurangi average rate (M) atau average rate(M) dikurangi buying rate (G). Jika selisih exchange rate dientrykan ke dalam sistem, maka kita hanya perlu memaintain average rate (M) karena buying rate (G) dan seliing rate (B) dapat diperoleh dari selisihnya.

Jika kita mengkombinasikan antara base currency dengan exchange rate spreads, maka exchange rate tools yang kita gunakan akan sangat efisien. kombinasi ini adalah :

  • Menggunakan base currency untuk average rate (M)
  • Menggunakan exchange rate spreads untuk menghitung buying rate (G) dan selling rate (B)

Pada aplikasi SAP dan proses fungsi2 di dalamnya, exchange rate dapat menggunakan direct maupun indirect quotation, tergantung dari standard pasar atau transaksi bisnis individual.

pada direct quotation, satu unit mata uang asing sama dengan sekian unit maa uang local, sebaliknya, pada indirect quotation, satu unit uang lokal sama dengan sekian unit uang asing. misalnya (local : Euro):

  • 1 Dollar = 1,07 Euro >> direct
  • 1 Euro = 0,93 Dollar >> Indirect

dibanyak perusahaan, proses maintenance table exchange rate TCURR dilakukan bersama (sharing) oleh beberapa employee. hal ini dapat menimbulkan beberapa permasalahan berikut :

  • employee dapat melakukan kesalahan maintenance exchange rate
  • Kesalahan dalam menentukan quotation (direct menjadi indirect dan sebaliknya)
  • Table TCURR terlalu besar sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pelaksanaan maintenance
  • table TCURR tidak dapat di maintain oleh lebih dari 1 user secara bersamaan.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: