Belajar SAP

September 3, 2009

Automatic Payment

Filed under: FI I Part 2 — coretaja @ 6:07 am

Suatu proses pembayaran memiliki tahapan-tahapan sebagai berikut :

  • Entry Invoice : invoice yang diterima dari vendor atau akan dikirimkan ke customer, dientrykan ke dalam system
  • Analisis Open Invoices : proses ini menganalisa invoice mana saja yang belum terselesaikan dan kapan jatuh temponya
  • Review Inovoice yang akan dibayar : tahap ini melakukan review terhadap invoice yang akan dibayar. review tersebut berupa pengecekan jumlah invoice maupun pengecekan kelengkapan-kelengkapan pendukung
  • Invoice yang diajukan jika sudah melewati tahap review, akan di approve untuk dilakukan pembayaran. jika proses approve ternyata hasilnya masih belum selesai, maka invoice tersebut perlu dimodifikasi atau dilengkapi kelengkapan lainnya.
  • Pembayaran

Proses pembayaran dalam SAP system menggunakan automatic payment program untuk membantu user mengatur invoice-invoice yg akan dibayar maupun yang akan diterima (outgoing and incoming payment).

SAP payment program, secara otomatis akan melakukan hal-hal berikut :

  • menampilkan open invoice yang harus dibayarkan atau open invoice yang harus ditagihkan
  • Melakukan posting dokumen pembayaran
  • melakukan print media pembayaran, menggunakan data medium exchange (DME) atau Electronic Data Interchange.

Payment program dalam SAP ini didesign untuk dapat mengakomodir kebutuhan pembayaran baik transaksi pembayaran national maupun international baik dengan vendor maupun customer. dan juga menghandle incoming dan outgoing payment.

adapun proses pembayaran terdiri dari 4 tahap :

  • Setting Parameter : parameter-parameter yang di setting meliputi : invoice mana yg akan dibayar, metode payment mana yg akan digunakan, kapan akan dilakukan pembayaran, company code mana yang akan dijadikan acuan serta bagaimana metode pembayarannya
  • Mengeluarkan Proposal : setelah setting parameter selesai, maka tahap selanjutnya adalah mengeluarkan proposal yang berisi daftar mitra bisnis serta invoice yang harus dibayarkan
  • Penjadualan Pembayaran : setelah proses verifikasi data mitra bisnis dan daftar invoice yang harus dibayarkan telah selesai, maka tahap selanjutnya adalah menentuka jadual pembayaran untuk masing-masing invoice. pada tahap ini dokumen pembayaran dibuat dan G/L serta sub ledger akan di update
  • Printing Media pembayaran

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: