Belajar SAP

August 31, 2009

Organizational Unit

Filed under: FI I Part 1 — coretaja @ 5:00 pm

Client merupakan level tertinggi dalam sistem hierarki SAP. spesifikasi atau data yang valid untuk semua unit organisasi dalam SAP application, dientrykan di client level. hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi double entry untuk data-data tersebut.

masing-masing client merupakan entitas yang independent dan memiliki master record masing-masing sert memiliki table dan data master yang lengkap. jika kita akan logon ke SAP system, maka kita harus menentukan client key dari server yang akan kita akses, kemudian juga kita harus teregister dalam master data pada client tersebut.

beberapa unit organisasi yang penting dalam SAP adalah sebagai berikut :

  • Company Code (for external purposes) : merepresentasikan entitas-entitas hukum dalam suatu organisasi. company code merupakan level paling rendah dimana kita masih dapat mengeluarkan laporan keuangan secara lengkap seperti laporan neraca atau laporan laba rugi. suatu organisasi yang memiliki beberapa cabang ataupun entitas legal lainnya pada umumnya merepresentasikan laporan-laporan tersebut melalui company code.
  • Business Area (for Internal purposes) : merepresentasikan area operasi yang berbeda dalam suatu organisasi dan dapat digunakan antar company code. Business Area dapat menghasilkan laporan keuangan yang digunakan untuk internal, sehingga kita dapat menyimpan dan mengevaluasi angka-angka transaksi untuk masing-masing area bisnis. namun demikian, penggunaan Business Area sifatnya opsional. angka-angka transaksi yang diperoleh di Business Area tidak secara otomatis diserahkan atau ditetapkan pada company code, hal ini membuat kita dapat melakukan evaluasi angka-angka transaksi tersebut terlebih dahulu sebelum ditetapkan pada company code.

suatu company code didefinisakan dengan 4 karakter alpha numerik, adapun object2 yang terdapat dalam company code antara lain :

  • Nama Perusahaan
  • Alamat Perusahaan
  • Kota
  • Negara
  • Currency
  • Bahasa

lalu apa perbedaan antara company dengan company code ? company merupakan suatu unit organisasi, sedangkan company code merepresentasikan entitas-entitas legal dari suatu organisasi. dalam satu company, bisa terdapat satu atau lebih company code, dan beberapa company code yang terdapat dalam satu company harus menggunakan chart of account dan fiscal year yang sama.

beberapa atribut suatu company antara lain :

  • satu company dapat memiliki satu atau lebih company code
  • satu company dapat memiliki satu atau lebih client
  • satu company memiliki hanya satu local currency
  • konsolidasi laporan keuangan dilakukan berdasarkan company

sebagai ilustrasi, PLN merupakan sebuah company yang merepresentasikan suatu perusahaan yang memiliki beberapa sub ordinat dibawahnya / anak perusahaan. sedangkan ICON, Indonesia Power maupun PJB merukapan company code.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: