Belajar SAP

March 30, 2009

Introduction to SAP FI

Filed under: FI I Part 1 — coretaja @ 8:52 am

SAP Fi merupakan basic solution dalam SAP dan merupakan sentral dari semua solusi dalam SAP. SAP FI menerima posting dari berbagai modul SAP seperti Material Management (MM), Human Resource Management (HRM), Sales and Distribution (SD), Plant and Machinery (PM) melalui berbagai titik integrasi. Sedangkan SAP FI memberikan data posting kepada SAP CO (Controlling) seperti cost centre accounting, profit centre accounting dan profitability. Selain report-report dasar seperti balance sheet, serta profit and loss accounting, SAP FI juga menghasilkan eksternal report seperti tax reporting serta legal reporting.

SAP FI menyediakan hampir semua kebutuhan accounting dan financial suatu perussahaan. Dengan diimplementasikannya SAP FI, seorang direksi perusahaan dapat memantau posisi keuangan perusahaan nya secara real time. Hal ini sangat bermanfaat bagi pengambilan keputusan serta perencanaan strategis bagi perusahaan.

Komponen-komponen yang terdapat dalam Modul SAP FI antara lain :

  1. Account Receivable

Komponen ini menyimpan semua posting yang dihasilkan dari aktivitas penjualan kepada costumer. Posting-posting tersebut langsung terupdate dalam General Ledger / Buku besar. Melalui komponen modul ini, kita dapat memonitor jangka waktu penerimaan serta melakukan analisis costumer. Modul ini berintegrasi dengan general ledger, SD, serta cash management

  1. Account Payable

Komponen modul SAP ini menyimpan semua posting yang dihasilkan dari aktivitas pembelian kepada vendor. Program pembayaran dalam SAP mendukung beberapa

  1. Asset Accounting

Digunakan untuk memanage Fixed Asset perusahaan. Melalui SAP, kita dapat membuat kategori pada asset perusahaan kemudian menentukan nilai untuk perhitungan depresiasi untuk setiap asset perusahaan

  1. Bank Accounting

Melalui komponen modul ini, SAP dapat memanage transaksi BANK seperti misalnya cash management

  1. Consolidation

Melalui komponen modul ini, SAP menggabungkan financial statement dari berbagai entitasi dalam suatu organisasi. Hal ini membuat organisasi dapat melihat posisi keuangan secara menyeluruh.

  1. Funds Management

Membantu management untuk menentukan anggaran untuk pendapatan dan belanja dan juga dapat melakukan tracking atau penelusuran terhadap penggunaan anggaran tersebut dalam area responsibility mana

  1. General Ledger

komponen modul ini terintegrasi penuh dengan modul-modul SAP lainnya. Semua posting yang berhubungan dengan accounting, akan disimpan dalam general ledger secara real time dan up-to-date

  1. Special Purpose Ledger

Merupakan kokponen yang digunakan untuk mendefinisikan buku besar untuk reporting. Data yang dibutuhkan untuk komponen modul ini, dapat berupa data internal maupun data eksternal.

  1. Travel Management

Komponen modul ini memanage semua aktivitas perjalanan termasuk biaya akomodasi selama perjalanan, Booking tiket perjalanan, dll.

1 Comment »

  1. Pretty good post. I just came across your site and wanted to say that I’ve really enjoyed reading your posts. In any case I’ll be subscribing to your feed and I hope you will keep a good work!Cheer!

    Comment by mySAP — June 30, 2009 @ 5:04 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: